Minggu, 07 Oktober 2012

MEMBUAT BATERAI LAPTOP TETAP AWET

Filled under:


Ada tips nih untuk kamu semua pengguna Laptop atau Notebook yang ingin Baterainya tetap awet dan tidak mudah rusak. Disimak ya tips-tipsnya :
  1. Jika kamu memakai laptop dalam jangka waktu yang lama, akan lebih baik jika kamu mencopot Baterai dan menggantinya menggunakan listrik. Karena jika baterai dibiarkan terus di charge padahal isinya sudah penuh, maka akan membuat baterai menjadi drop.
  2. Jangan menggunakan charge sembarangan atau tidak sesuai dengan Laptop kamu. Setidaknya jangan memakai Charge yang berbeda merk dengan laptop kamu. Karena setiap charge dan baterai memiliki karakter arus dan voltase sendiri-sendiri. Kalau kamu memaksakan diri menggunakan charge yang tidak kompatibel maka akan menyebabkan Laptop rusak bahkan bisa meledak.
  3. Jangan terlalu lama membiarkan Laptop dalam keadaan Standby karena itu akan menguras energy baterai.
  4. Gunakan alas kertas atau sesuatu yang keras dan datar jika kamu menggunakan Laptop diatas karpet, sofa, kasur, atau tempat-tempat yang lunak lainnya. Karena jika tidak maka laptop akan mengalami overheating karena ada penyumbatan lubang ventilasi oleh karpet tersebut.
  5. Memakai notebook dengan cara dipangku dapat menyumbat lubang ventilasi kipas laptop sehingga laptop dan baterainya menjadi cepat panas. Hal itu diperparah lagi dengan suhu tubuh kita yang juga hangat. Panas yang berlebihan menyebabkan sel-sel baterai laptop kita menjadi cepat rusak.
  6. Bersihkan selalu debu di kontak baterai atau metal yang ada, Jangan sampai ada klip kertas atau logam-logam lain yang bisa menghubungkan kontak tersebut. Jika hal itu terjadi bisa-bisa laptop dan baterai kita mengalami hubungan pendek. Bahkan debu yang kecil sekalipun berpotensi membuat konektor metal baterai terkorosi dan berkarat.
  7. Defrag Harddisk anda secara teratur, terutama saat anda menggunakan laptop dengan listrik. ini akan membuat harddisk bekerja lebih efisien, dan anda dapat menghemat pemakaian baterai laptop anda.
  8. Hindari goncangan, tekanan atau benturan keras pada baterai atau laptop.
  9. Jangan menggunakan atau menaruh laptop di tempat yang panas seperti di bawah terik matahari.
  10. Beberapa merk laptop memiliki aturan khusus berkenaan dengan produk mereka. Bacalah manual book laptop anda dan pastikan kita menjadikannya sebagai pedoman pemakaian.
  11. Kurangi volume pencahaayan atau resolusi pada monitor laptop, atur sampai pada level tertentu untuk menekan kapasitas energi baterai laptop.
  12. Putaran CD atau DVD akan menyedot energi yang besar, bahkan ketika tidak digunakan. sedapat mungkin gunakan hanya satu tempat penyimpanan data saja. Dan sebaiknya gunakan harddisk untuk menyimpan data.
  13. Jangan memakai laptop di tempat yang terlalu lembab atau basah. Hal yang ditakutkan adalah adanya air yang dapat merusak sirkuit2 baterai dan laptop kita. selalu jaga laptop kita dari air maupun panas yang berlebihan.
  14. Hindari multitasking. tutup program-program lain seperti mesin pencari,musik,game, yang tidak anda gunakan kecuali program penting yang benar-benar sedang anda kerjakan. Multitasking akan membua load pada cpu semakin besar dan memperpendek usia baterai. Serta matikan atau tutup penggunaan eksternal Device(USB,mouse,WIFI) bila selesai digunakan, karena akan memboroskan baterai laptop anda.
  15. Tambahkan RAM(Random Access memori) pada laptop anda, sehingga anda dapat melakukan pemrosesan data semakin cepat. kapasitas memori yang dihasilkan harddisk sangat terbatas dan standar. Dengan menambahkan memori, berarti menambah pemakaian energi, sehingga mempercepat pemrosesan data terutama saat anda membuka program2 aplikasi yang memakan memori dalam jumlah besar.

0 komentar:

Posting Komentar